Selasa, 27 Maret 2012

PANTAI NIHIWATU-SUMBA BARAT TERMASUK PANTAI TERINDAH 10 BESAR ASIA

Hanya 1 Pantai di Indonesia yang Masuk 10 Pantai Terbaik di Asia



Biar pun Indonesia disebut sebagai negara kepulauan dengan puluhan ribu pulau, tapi pantai yang dikategorikan sebagai pantai terbaik ternyata hanya satu.
Situs id.travel.yahoo.com merilis sepuluh pulau dengan pantai terbaik di Asia. Dari sepuluh tujuan wisata itu ternyata di Indoneia hanya ada satu yang masuk hitungan yaitu Pantai Nihiwatu di P. Sumba yang ditempatkan pada peringkat keenam (Sepuluh Pulau dengan Pantai Terbaik di Asia, 25/8-2011)
Kumpulan penulis pariwisata memilih pantai di daerah tropis di Asia yang menjadi tujuan wisata bertolak dari kondisi pantai dengan hamparan pasir. Salah satu pertimbangan dalam memilih pantai terbaik adalah suasana damai dengan ketenangan dengan dukungan budaya lokal. Klassifikasi inilah, agaknya, yang membut Pantai Kuta dan Pantai Sanur (P. Bali) dan Pantai Senggigi (P. Lombok) tidak masuk hitungan.


Kondisi dan suasana yang menentramkan hati menjadi titik tolak pemilihan pantai terbaik di Asia. Tentu saja hiruk pikuk di Pantai Kuta dan Pantai Senggigi tidak menggambarkan suasana damai untuk melepas penat.
Terkait dengan penetapan pantai terbaik itu sudah saatnya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, menjaga agara pantai-pantai yang tenang tidak dikembangkan menjadi area bisnis yang hiruk-pikuk.
Soalnya, sepuluh pantai yang terpilih jauh dari keramaian dan kemewahan sehingga suasana alamiah menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pantai terindah.
Pantai yang terletak di barat daya Pulau Sumba ini berjarak sekitar 400 kilometer di timur P Bali dikenal baik oleh para selancar manca negara dengan deburan ombak yang dijuluki God’s Left.
Pantai-pantai yang disebut terbaik adalah pantai yang eksotis yaitu pantai dengan pemandangan yang alamiah. Tapi, dengan fasilitas pariwisata yang baik. Di Nihiwatu tersedia vila dan bungalow yang menghadap ke Samudera Hindia. Konstruksi banguan khas daerah setempat dengan hiasan ornamen dan tenunan.
Inilah sepuluh pantai terbaik yang dipublikasikan oleh DestinAsian, yaitu: (1) Bai Sao, Phu Quoc, Vietnam, (2) Godllawela Bay, Sri Lanka, (3) Pantai Kenting, Taiwan, (4) Pantai Landaa Giraavaru, Atoll Baa, Maladewa, (5) Pantai Luhuitou, Pulau Hainan, Cina, (6) Pantai Nihiwatu, Sumba, Indonesia, (7) Pantai Radhanagar, Pulau Havelock, India, (8) Patnai Siargao, Siargao, Filipina, (9) Pantai Sunrise, Loh Lipe, Thailand, dan (10) Pantai Teluk Dalam Kecil, Redang Island, Malaysia.
Bertolak dari penilaian terhadap pantai-pantai di Indonesia, maka perlu dijaga agar pantai-pantai yang potensial sebagai tujuan wisata tidak seperti pantai di P Bali dan P Lombok.
Jika ingin berselancar di Nihiwatu, maka disarankan ke sana pada bulan April sampai Desember.

1 komentar:

  1. Halo, salam kenal dari Jakarta... saya hendak travelling ke Sumba bbrp minggu lagi, apakah kita bs ketemu untuk ngobrol2 soal SUmba.... No hp saya 085694197912(silahkan sms), kebetulan saya juga penggemar Reggae hehehehhe... Salam Uyeeee

    BalasHapus